Minggu, 22 Februari 2009

Bentuk Komunitas Blogger Wahdah, Perlukah?


Apa itu Komunitas Blogger?

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat atau ketemuan di dunia nyata

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu atau organisasi tertentu, atau diharuskan memasang banner sebagai tanda keanggotaan dan sebagainya..

Komunitas Blogger Muslim Indonesia, adakah?


Umumnya komunitas yang terbentuk dan masih eksis sampai sekarang adalah komunitas blog daerah seperti; Angin mamiri di Makassar , Cahandong di Yogja , Batagor di Bandung.


Adapun komunitas blogger muslim di Indonesia antara lain:
IMB sendiri pada mulanya dirintis oleh beberapa muslim yang memiliki blog dan sering melakukan komunikasi melalui shoutbox maupun dengan fasilitas instant messaging. Selain itu, menyadari betapa banyaknya minat muslim Indonesia dalam memanfaatkan blog - yang tidak hanya sebatas pada fasilitas catatan pribadi, tapi juga untuk mengembangkan ukhuwah islamiyah maka pada tanggal 27 November 2004 mereka sepakat mendirikan Komunitas ini.

Ada 3 syarat sederhana untuk bergabung dalam komunitas ini, yaitu seorang muslim, berkebangsaan Indonesia (yang berdomisili baik didalam maupun diluar negeri) dan Bersedia saling mencerahkan dan dicerahkan.

Entah mengapa, situs resmi IMB terahir kali diperbaharui pada tanggal 21 februari 2008 setahun yang lalu, Musafir juga mencoba beberapa kali mendaftar di komunitas ini, tapi tidak ada respon sama sekali, namun demikian blog aggregator komunitas ini yang dipelihara oleh achedy masi ter update sampai sekarang. Semacam Blog Aggregator PII adalah kumpulan RSS Feeds blog kader PII baik yang masih aktif di kepengurusan maupun sudah menjadi alumni PII (KB PII)
Sebenarnya komunitas yang satu ini tidak ada embel-embel islam didalamnya, komunitas ini Adalah sebuah komunitas bisnis yang bervisi menjadi Tangan Di Atas atau menjadi pengusaha kaya yang gemar memberi kepada sesamanya lebih mulia dari pada Tangan Di Bawah (TDB). motto kumunitas ini adalah “Bersama menebar rahmat”. Nah dari visi dan mottonya saja komunitas ini boleh dibilang dekat dengan nilai islam, walaupun tidak ada syarat tertulis yang mensyaratkan anggotanya harus orang Islam.

Apa Manfaat komunitas Blogger bagi dakwah?


Secara umum manfaat komunitas bagi dakwah islam antara lain
1. Mempererat ukhuwah islamiyah antara sesama blogger muslim
2. Meningkatkan dakwah Islam di dunia maya
3. Segalanya akan menjadi ringan dengan kebersamaan
4. Dan lain lain

Bagaimana dengan Blogger Wahdah?

Sebelumnya, bagi yang belum mengetahui apa itu Wahdah Islamiyah, silahkan kunjungi website resminya di www.wahdah.or.id ,Secara singkat Wahdah Islamiyah adalah ormas islam yang bergerak dibidang dakwah, pendidikan dan sosial, didirikan pada tahun 2002 di Makassar Sulawesi selatan, sampai saat ini Wahdah Islamiyah telah memiliki 34 cabang dan sejumlah daerah binaan.

Setelah melakukan searching dan blog walking dapat kami simpulkan bahwa kader Wahdah Islamiyah mulai merambah dunia blog sejak tahun 2006-2007 dan mengalami perkembangan yang cukup signifikan pada tahun 2008, dan inyaAllah akan terus berkembang.. (daftar link diakhir postingan)

Melihat perkembangan ini dan manfaat dari sebuah komunitas maka menurut hemat kami, kini saatnya membentuk komunitas blogger Wahdah Islamiyah sebagai wadah tandhim, guna mempermudah penyampaian dakwah kepada lebih dari 1 juta blogger Indonesia serta jutaan pengguna Internet. Apalagi jika mengacu pada visi “ WAHDAH ISLAMIYAH SEBAGAI ORMAS ISLAM YANG EKSIS DI SULAWESI DAN SELURUH IBUKOTA PROPINSI DI INDONESIA PADA TAHUN 1436/2015 “ . bukan mustahil makna eksis disini tidak hanya dalam ruang lingkup dunia nyata tapi juga dalam kancah dunia maya.

Berikut daftar link blog yang kami duga berafiliasi dengan Wahdah Islamiyah, Yang kami susun berdasarkan daerah dan waktu pembuatannya:

  • Sulawesi

07,mart http://akhawaat.multiply.com
07,juli http://abulmiqdad.multiply.com
dan http://abul-miqdad.blogspot.com
07,des http://shafiyahmoidady.multiply.com
07,des http://abuthalhah.wordpress.com
07,des http://mynafisah.multiply.com
dan http://www.mynafisah.blogspot.com

08,jan http://www.qasimsaguni.co.cc
dan http://www.qasim-saguni.co.cc
08,jan http://rahmatmpm.blogspot.com
08,feb http://abuubaidillahgorontalowiy.wordpress.com
08,mart http://ummulmiqdad.multiply.com
dan http://wahdahsalafi.multiply.com
08,aprl http://www.muhammadasfar.blogspot.com
08,juni http://chacapsy.multiply.com
08,juni http://al-abidaat.blogspot.com
08,mey http://alfisyahrmnur.multiply.com
08,mey http://mozaik9.multiply.com
08,agust http://muhammad-rifqi.blogspot.com
08,sep http://muhnurhidayatonline.multiply.com
08,nov http://www.alfathonah.blogspot.com
08,des http://www.qurratayun.blogspot.com
08,des http://inspirasilangit.blogspot.com
des 08 http://hanif05.blogspot.com

09,jan http://rinialfatih.multiply.com
09,jan http://faisalfachsan.blogspot.com
09,feb http://ridwanmukhlis.blogdetik.com
09,feb http://lambara-harapan.blogspot.com

  • Jawa

06,juli http://thebloggah.blogspot.com

07,aprl http://rusdin.wordpress.com
07,juni http://mdhiyaulhaq.blogspot.com
07,des http://abuyahyalearntoblog.blogspot.com

08,jan http://musafirun.blogspot.com
08,aprl http://iswandimuhammadzen.multiply.com
08,agst http://pelajar-smd.blogspot.com
08,des http://wandi.web.ugm.ac.id

09,jan http://yusuflauma.blogspot.com
09,jan http://qobidul-jamr.blogspot.com
09,feb http://daengmasykur.blogspot.com

  • Kalimantan

07,sep http://yudha-putra.blogspot.com
07,sep http://ukhti-mujha.blogspot.com
07,des http://www.ahmed-antara.blogspot.com


  • Luar Negri

06,nov http://mizakisakina.multiply.com


  • Lembaga

07,juni http://wahdahsamarinda.wordpress.com

08,juli http://stibamakassar.wordpress.com
08,nov http://wahdahluwuk.wordpress.com
08,nov http://wahdahpalopo.blogspot.com
08,okt http://wahdahtarakan.blogspot.com
08,sep http://www.smaitwahdah.co.cc

09,jan http://lp2fsi.blogspot.com
09,jan http://albashirah.com
09,jan http://radio.albashirah.com
09,feb http://el-fikrah.blogspot.com

http://luwuk-info.blogspot.com
http://bemmawi-mks.blogspot.com


Catatan
- Bagi yang merasa tidak ada hubungan dengan wahdah islamiyah, namun linknya tercatat diatas, harap segera menghubungi kami







Baca Juga



31 Comments:

Anonim said...

Assalamulaikum
Jazakallah khaer sebelumnya atas di muatnya blog ana. Tapi ana harap blog ana yang di pasang cuman http://abuthalhah.wordpress.com/ (karean ini yang ana update).
Idenya antum sangat cemerlang akhh. Perlu untuk di bentuk secepatnya tuh. Insya Allah ana siap mendukung

Anonim said...

jAYYID!!!SEPAKAT DENGAN IDE ANTUM. ASALKAN SEMUA BLOG YANG TERBENTUK BISA MEMBAWA VISI MISI DAKWAH SESUAI AHLUSSUNNAH WAL JAMA'AH.BISA MEWARNAI DUNIA MAYA TANPA TERWARNAI

Anonim said...

Jayyid !!
Hm.. tp ana blm bsa d sebut sbg 'kader' sih..

Anonim said...

Mumtaz...!
Komunitas Blogger Wahdah...Kenapa tidak...!
Langsung bikin bannernya juga lebih bagus..!
Tapi, untuk maslahatnya bagus minta saran dari Ust. Qosim Saguni...kegalitasnya supaya lebih jelas Visi MIsinya...
Syukran Wa Jazakallohu Khoiron.

Anonim said...

Wah, mantap!!! Ana respon dengan ide antum. Kapan mulainya?

ibnu mengatakan...

Jazaakumullah khaer atas semua respon antum!

@Abu Thalhah : - InsyaAllah bukan hanya siap mendukung akh, tapi juga bertindak! Toyyib :D
- Link antum di MP dah dihapus, Syukran

@QURRATA~A'YUN : Soal itu, Bisa diatasi dengan memperketat syarat, dan aturannya..

@Yudha Putra : Link diatas, memang masi bertaraf dugaan, :-t jadi afwan kalo ana salah duga.. he he :) , kalau antum ingin bergabung dengan wahdah, silahkan hubungi cabang terdekat. Syukran

@BEM STIBA : yah, kenapa tidak? saran dan pencerahan dari para asaatidz akan sangat berguna dan selalu ditunggu!

@Abu Ubaidillah: Nunggu siapa yang memulai nih..? :-o

Anonim said...

Ana punya dua link. Satu buat marhalah ta'rif, yt ummulmiqdad.multiply.com. satunya untuk harakah, yaitu wahdahsalafi.multiply.com. Ana berharap bisa di link di kedua site itu.


Tentang komunitas blogger, saya kira sangat penting untuk saling menguatkan. Karena masing2 kita butuh penguatan dari berbagai sisi.

Jadi bukan sekedar ngumpul tetapi masing2 jalan dengan fikrahnya masing2. Memang misinya bertujuan untuk menyatukan misi dan visi. karena di kalangan kader pun belum tentu memiliki visi yang sama tentang segala sesuatu. hatta hal2 yang cukup strategis sekalipun. Ini terlihat dari cukup beragamnya suara kader dalam menyikapi suatu maslah yang cukup strategis.

Jadi kalo saya, intinya disitu. Penyatuan visi.

Sehingga tidak perlu kopdar segala.Apalagi kalo ikhwahnya jadi saling kenal dengan dengan akhwatnya melalui dunia maya, sehingga ini dijadikan ajang cari jodoh ikhwah wal akhwat, karena itu sama saja dengan menggunakan hijab di dunia nyata, tapi mendobraknya di dunia maya.

karena keluarga yang dibina dari sebuah interaksi intensif sebelum nikah, baik di dunia maya, apalagi di dunia nyata, pastilah rapu. karena lebih dominan niatnya bukan lillahi ta'ala.

itu saja kekhawatiran saya. Jangan sampai, awalnya hanya mengenal ID blog,simpati, lalu lama2 cari tau nama sebenarnya, lalu cari tau no tlp dan YM nya, lalu chatting2an,sms-an, kopdar, lalu ada hubungan intensif pra nikah. Naudzubillah, saya sangat tidak berharap itu terjadi.

Tetapi untuk saling menguatkan kader di tengah besarnya fitnah di kalangan thullab dan du'at, menyatukan visi demi kelancaran dakwah kita, Insya Allah ana sangat mendukung komunitas blogger WAHDAH. Semoga dimudahkan. Dan semoga Allah memberikan kita niat yang ikhlas dan selalu menolong kita dalam kebaikan dan menjauhkan kita dari penyimpangan. Amin.

..:: MUHAMMAD ASFAR ::.. said...

Jazakallahukhaeran.
ana sepakat kalo dibuat komunitas blogger wahdah. Dunia maya salah satu media dakwah dimana banyak orang mengambil rujukan dalam tulisan2nya, media perang pemikiran (gozulfikr). semoga dengan terbentuknya komunitas ini kita bisa bersama2 secara terorganisir bisa melakukan perang pemikiran di dunia maya.
sambil saling memberi semangat kepada ikhwah yang punya potensi menuangkan pikirannya dalam dunia maya.
ana siap insya Allah

Anonim said...

saya juga sangat intens berhubungan dengan Wahdah Islamiyah, kok blog saya nda di link? b-(

Anonim said...

salaamun'alayk.
setelah melihat, membaca, berpikir dan menimbang. ana sepakat seperti yang dikatakan oleh ummul miqdad. ana tidak bisa memberikan komentar banyak, karena ilmu masih sangat minim. jadi hematnya, ana serahkan semua keputusannya pada asatidz. karena ilmu mereka lebih banyak dan akan lebih bijak dalam memutuskan sesuatu. apapun keputusan mereka, ana yakin insyaALLOH itulah yang terbaik untuk ummat.

Anonim said...

@ibnu (pengelola blog ini):
Bergabung ? Ana baru 1 tahun lebih mengikuti tarbiyah di Wahdah Islamiyah Tarakan sehingga belum pantas disebut sebagai kader. Saran dari BEM STIBA, ummulmiqdad, dan nafisah dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk mengambil keputusan guna membuat komunitas blogger ini..
Ana akan tunngu info selanjutnya, ustadz... Jazakallah khoiron...

ibnu mengatakan...

Nasehat, Saran dan Kritik tentunya akan sangat penting untuk mencapai hasil yang terbaik

@ummulmiqdad : - sepakat dengan ummu, jangan sampai nilai-nilai atau prinsip yang kita peroleh dari tarbiyah selama ini dengan mudah tergadaikan, khususnya dalam hal HIJAB. semoga disana masih tersisa SOLUSI terhadap kekhawatiran tsb...
- ke duanya sudah kami link, syukran

@Muhammad Asfar: Benar akh.. perang pemikiran tidak hanya berasal dari kaum kafir dan orientalis, bahkan dari mereka yang merasa paling cinta dengan keluarga nabi sekalipun, syukran atas kesiapan antum

@Mail : Anda lebih tahu jawabannya!

@Nafisah : Waalaikumussalam Warahmatullah.. ana juga sepakat..

@Yudha Putra : Titip salam untuk ikhwah disana.. tetap ikuti perkembangannya ya!

Anonim said...

Ide yang bagus, dengan itu dimanapun kita bisa saling menguatkan. Selanjutnya perlu ada tujuan dan aturan yang jelas untuk menghindari fitnah2 yg mungkin bisa saja terjadi sebagaimana di komunitas blog lembaga dakwah lainnya seperti penyalahgunaan oleh ikhwa/akhawaat, ta'ashub (Fanatisme buta), Penyusupan dll. Untuk ini kita memang harus minta saran dan pendapat dari asatidzah bahkan legalitas dari Wahdah Islamiyah sendiri, karena ini menyangkut nama lembaga.
:)]"Terus berjuang akh!"

Anonim said...

alhamdulillah, saya mendukung saja, mungkin antum yang lbh tau teknis pembuatannya, jadi dibuat saja.
btw bagi ikhwah sekalian yg punya facebook, yuk jadi fan wahdah islamiyah dan komat palestina di facebook...;)

Indah Moidady said...

Assalamu 'alaikum, afwan jiddan dr.Faisal, saya tidak di WI, syukran,,,

ibnu mengatakan...

@Abu Fauzan: Betul akhi.. Saran dan Masukan Asaatidzah masi kita tunggu2.. :)

@Pak Wandi : Untuk Masalah teknisnya, menurut ana, ada baiknya ikhwah2 di Makassar (seperti Abu Fauzan, Abu Tholhah, BEM STIBA, dan Muhammad Asfar) bisa buat pertemuan menindaklanjuti hal ini, mengingat ikhwah di Makassar lebih mudah berkoordinasi langsung dengan para ustadz :)]

@Indah Moidady: Afwan atas kekeliruan ana.. :-t oh iya ana bukan dr.Faisal , beliau sahabat ana, alamat blognya disini:
http://faisalfachsan.blogspot.com

Anonim said...

AssaLamuaLaykum warahmatullah...
afwan baru balas...
Subhanallah, na'am ana stuju---
Ide yang bagus, komunitas untuk mmprkwt prswdraan, biza d'mnfaatkan dalam kbaekan.
wa tawaashau bil haqqi wa tawaashau bish-shabri. jazakumullah khoiran_^

Anonim said...

Assalamu'alaykum,
Kl menurut ana yg lebih efektif adalah membuat forum komunikasi kader wahdah

Dengan format komunikasi Insya Allah lebih menjalin ukhuwah.

Kl menurut ikhwah skalian bagaimana?

KangSandi.com

Anonim said...

wahh kalo saya
ikutan di
TuguPahlawan.com dan nggersik.com

Anonim said...

wah makasih infonya

Anonim said...

Faisal.F said...
wa..ah memang ide antum selalu cemerlang akh....,mantap mentong.cepatmi direalisasikan ide antum itu dan juga cepatmi direalisasikan urusan antum yang mendesak itu dan jangan tunggu sampai liburan baru di urus ke ustads krn nanti antum sudah kadaluarsa dan sudah tidak ada lagi yang mau.oh iya ana rencana ke jakarta bulan mei ini ada urusan sebentar, ya rindu bela juga dengan sekret lagi....

Wahdah Salafi said...

Assalamu 'alaikum,
silahkan berkunjung
wahdahsalafi.blogspot.com
wahdahsalafi.wordpress.com

Sang Blogger

Anonim said...

Ass. Wr. Wb.

Insyaallah, sebentar lagi saya meluncurkan tips sederhana memilih capres bagi umat muslim.

Tunggu tanggal mainnya :)

Wassalam

http://mutiarazuhud.wordpress.com

mizaki said...

Alhamdulillah, ternyata kader wahdah telah eksis di mana-mana (dunia maya tak terkecuali). Semoga dapat mennjadi sarana peningkatan iman dan ilmu serta taushiah bagi kader khususnya dan ummat islam pada umumnya.
Wassalamu alaikum

Anonim said...

Assalamu 'alaikum, salam kenal untuk semua, barakallahu fiikum

Anonim said...

saya baru saja buat blog, semoga dapat menjadi sarana untuk mempererat ukhuwah islamiyah, aamiin

Ade Fr said...

Assalamu'alaikum Wr Wb
Idenya cemerlang sekali. Semoga blog ini dapat menjadi sarana peningkatan iman dan ilmu untuk ummat islam. Juga sebagai media sharing.

Ummu Hasanaiin Al Madaniyyah said...

Assalamu'alaikum...
Salam ukhuwahfillah dari Kota Nabi!
Awal sy bisa sampai di sini setelah sy bkunjung ke blog saudari saya >>> http://rinmuslimah.blogspot.com/ yg mcantumkan link blog ini Dan kebetulan sempat membaca salah sat judul postingan ini.
Alhamdulillah...sy pribadi sangat bersyukur dan bharap ide yg baik ini tdk hanya sampai pd batas harapan2 saja, tapi semoga dapat terealisasi tentunya dgn penjabaran2 yg jelas ttg visi dan misinya, melalui pembicaraan dgn pihak2 yg bkompeten, serta jelas tujuan jangka pendek dan jangka panjangnya, agar ada hasil yg baik bisa kita peroleh dari ide tsb, insyaAllah.

Ini link blog sy :
http://assyifaa-wisecorner.blogspot.com/
http://ashshihhahcorner.blogspot.com/
http://syifaakitchencorner.blogspot.com/
http://syifaarehatconer.blogspot.com/

Smg kita semua dapat bpartisipasi dalam penyebaran dakwah salaf via dunia maya.
Keep hamasah wastiqomah!

PANAH CORPORATION said...

slot games gacor

Informasi Terpercaya said...

Situs Bola Terbaik dan terpercaya hanya ada di sini

PIALA DUNIA QATAR 2022
Piala Dunia
FIFA WORLD CUP QATAR 2022

accccc said...

Situs Bola Terbaik dan terpercaya hanya ada di sini !!!

EVENT PIALA DUNIA
EVENT PARLAY
PIALA DUNIA QATAR 2022

Posting Komentar

Terimah kasih atas kunjungan anda, Sahabat blogger jg dapat meninggalkan jejak di BUKU TAMU atau di shoutbox. wassalam

Subscribe

RSS Feed (xml)

Credits

Skin Design By:
Free Blogger Skins
Modif Design By:
Catalog Tutorial

Powered by Blogger

 

Search Engine Submission - AddMe