Minggu, 11 Januari 2009

BLOG & BLOGGER yang BAIK


Waktu terus berjalan kedepan tak kenal henti walau sedetik, apalagi mundur..(mustahil bukan)!!? cukup setahun lamanya Musafir bergabung didunia blog, bertemu dengan sahabat blogger dengan beragam latar belakang , yang punya kreatifitas tinggi & inspiratif. Banyak kesan, pesan, pengalaman, pelajaran serta wawasan yang bisa digali kemudian dieksploitasikan dalam bentuk karya. Kali ini musafir ingin ber OPINI tentang BLOG & BLOGGER yang BAIK tentunya dalam kapasitas ilmu yang masih terbatas, dan pegalaman yang minim. Bagi sahabat yang kurang sependapat nantinya boleh sharing pada kolom komentar. Toyyib..

Menjadi BLOGGER yang BAIK

  • Rutin mengupdate postingan
Postingan ibarat nafas blog. Tanpa posting, blog ibarat manusia tak bernafas, atau bagai rumah tak berpenghuni. Semahal apapun isi/perabot dan semewah apapun sebuah rumah, namun rumah tersebut kosong tak berpenhuni , maka rumah itu menjadi tak berarti apa-apa . Begitu pula dengan blog, semenarik bagaimanapun materi dan sekeren bagaimanapun desain sebuah blog, tapi tak berposting, maka akan tampak membosankan.


Opini lain : "Wah .. klo postingan mah gampang, tinggal copi-paste, terus.. penuh deh blog dengan tumpukan posting".

Sampai disitu belum cukup sobat.., Agar rumah itu menjadi asri nan indah dipandang mata,tidak cukup dengan penghuni, perlu ada usaha tuk merawat, mengurus dan sebagainya. Nah.., blog juga perlu dipelihara dengan postingan yang rutin. Atau sedikit otak-atik tata letak biar tidak menjemukan (klo ini ngk wajib, disesuaikan dengan sikon). Adapun durasi updetan tentunya disesuaikan dengan keadaan si empunya blog, makin sering makin baik. Sekali sehari (keseringan), sekali sepekan (Zona normal), Sekali sebulan (Kelamaan). Kalau sahabat terkendala dengan aktifitas dan kesibukan sehingga masih terkendala, minimal updatenya teratur, tiap apa gitu..??

Nilai Musafirun : 3 (dari 10)

Penilai : "selama ini anda (ibnu/musafir) masi kurang dalam mengupdate blog, terlihat selama setahun hanya menghasilkan 15 postingan ,belum lagi 3 diantaranya adalah kutipan dari blog tetangga, Tahun ini harus lebih ditingkatkan lagi!! "

  • Menyertakan sumber dalam setiap kutipan
Mencuri rupanya tidak hanya terjadi di dunia nyata, didunia maya sekalipun marak dengan proses penyabungan. Ya.., mengutip tulisan tanpa menyertakan asal-muasalnya bisa dikategorikan sebagai pencurian (ekstrim ya??), minimal digolongkan sebagai pengkaburan hak milik orang lain (kecuali kalau si empunya tulisan, merelakan hal itu). Sekalipun pemilik tulisan meridhainya, namun saran musafir tetap mencatumkan sumbernya, dengan beberapa pertimbangan;

  1. Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada pemilik tulisan
  2. Menjaga amanah jurnalistik
  3. Biar yang membaca bisa langsung mengecek ke sumber aslinya & bisa dipertanggung-jawabkan
  4. Terkesan cuma copy-paste, bisa berimbas ketulisan kita yang lain, semua akan dianggap kutipan/copy-paste belaka
  5. Dll

Nilai 8

Penilai : "Dari 3 kutipan tulisan yang anda buat semuanya disertai dengan sumbernya, namun masih kurang dalam menyebut sumber gambarnya, karena gambar juga termasuk hasil karya lho!!"

  • Memasang link-link sahabat
Salah satu kelebihan Blog adalah perpaduan antara situs/website dengan jejaring sosial yang tengah booming saat ini, seperti friendster dan facebook. Blog tidak monoton seperti halnya situs pada umumnya, didalamnya ada proses timbal-balik dan interaksi sesama pembaca, pengguna blog bisa secara rutin saling mengunjungi dan menukar informasi.Olehnya itu, terasa masih belum lengkap kalo belum mencamtumkan link-link sahabat atau para visitor sebagai penghargaan kepada mereka, yah.. bisa dikatakan ajang promosi blog gratis lahh..

Nilai : 7

Penilai : "Anda telah melink para pengunjung, namun kadangkala masih memilah-milah untuk dimasukkan ke dalam blogrool".

BlOG yang BAIK.

Namanya opini, sangat memungkinkan perbedaan pendapat, sekali lagi, ini hanya sekedar opini, bisa benar, kurang benar, atau bahkan salah.. tergantung kita melihat dari kacamata apa??!

  • Utamakan kecepatan
Makin cepat akses sebuah blog, maka makin digemari oleh para blogger, secara tidak membutuhkan banyak waktu untuk memperoleh informasi.. biar blog kita tidak lemot, apalagi membutuhkan waktu berjam-jam untuk membuka halaman blog, maka menurut hemat musafir perlu memperhatikan seperti:

Menghapus pernak-pernik yang tidak diperlukan karena akan memberatkan akses blog, dalam hal ini sangat relative sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sebagai contoh untuk musafir lebih memilih tidak memasang tanggal dan kelender. Dengan alasan; secara umum para blogger sudah mengetahui hal tersebut, kecuali kelender hijriyah yang tidak diketahui kecuali segelintir orang.

  • Utamakan kenyamanan
Kenyamanan disini maksudnya setiap pengunjung merasa nyaman/tidak bosan memandang blog kita (asal jangan sampai ketagihan.. he he. ). Tentunya hal ini sangat berkaitan dengan penampilan blog, ujung-ujungnya berbicara mengenai bagaimana memilih template yang menarik dan tepat.

Dalam hal ini musafir bukan membahas tentang menarik tidaknya sebuah template, karena selera seseorang pasti beragam. Bisa dibayangkan kalo semua orang mempunyai kegemaran yang sama, maka dunia akan suram tak berwarna. Namun blogger, sebaiknya pandai-pandai memilih warna yang nyaman dibaca (tidak terlalu terang atau terlalu buram yang melelahkan mata). Begitu pula pemilihan font dan ukuran font yang normal, biar tidak pusing membacanya.


  • Utamakan pelayanan
Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, bahwa blog bukan sekedar situs yang monoton, ada interaksi timbal-balik antara penulis dan pembacanya. Berangkat dari sini , Sahabat blogger perlu memperhatikan secara khusus bagaimana menanggapi setiap komentar yang masuk dengan bijak, kalau perlu mengadakan kunjungan balik ke blog pengunjung, dan jangan lupa meninggalkan jejak, dengan komentar balik tentunya...


Akhirnya, kita kembali ke Waktu yang terus menggelinding maju, kejarlah waktu!, kalau tidak kita akan jauh tertinggal!!, dan mari kita menjadi lebih baik dari masa ke masa dalam segala hal; dalam kaitannya menjadi blogger yang baik, menjadi pelajar yang baik, menjadi guru yang baik, menjadi warga negara yang baik, dan tentunya menjadi muslim yang baik pula.. wassalam

Baca Juga



5 Comments:

Anonim said...

Baca postingan ini jadi ngerasa kesindir :)
pasalnya dewi udah jarang buka blog apalagi posting...
jadi dapat dipastikan saya bukan blogger yang baik juga tidak punya blog yang baik.. heu heu heu

ibnu mengatakan...

Terimakasih atas kunjungan dan responnya :) ;

@ Dewi praz : Postingan ini bukan untuk nyindir sapa2 lho.. nyindir diri sendiri kali.. tetap semangat ngeblog!!! :D

@ Arif ust : selamat berjuang dalam kompetisi!! Langsung melaju ke blognya ;)

Anonim said...

Aku juga baru ngeblog 1/2 tahun.Masih amburadul template blog saya. Untuk nulis secara ajeg sih bisa bila otak sedang enteng, pekerjaan kantor tidak menyita waktu, dan keluarga ok-ok saja, maka saya lakukan postingan setiap harinya.
Saya masih ingin menyempurnakan template ini agar lebih ngejreng warnanya sesuai dengan warna auraku yang biru muda.Tetapi aku tidak tahu caranya, bisa bantu saya misalnya ingin menampilkan katagories tulisan per bulannya muncul di halaman utama ini. Terima kasih ya Mas Ibnu atas masukannya, salam sehat selalu berkat Tuhan melalui Reiki.

Anonim said...

hmmmm....
aku dapat nilai berapa nih yah...???
hehehehe...

idblogku said...

:)] beritahu saya berapa nilai blog saya?... ;)

Posting Komentar

Terimah kasih atas kunjungan anda, Sahabat blogger jg dapat meninggalkan jejak di BUKU TAMU atau di shoutbox. wassalam

Subscribe

RSS Feed (xml)

Credits

Skin Design By:
Free Blogger Skins
Modif Design By:
Catalog Tutorial

Powered by Blogger

 

Search Engine Submission - AddMe