Kamis, 28 Februari 2008

Perumpamaan binatang..


Sifat-sifat penghuni an-nar (neraka) telah termaktub didalam kitab suci Al-qur'an. Yaitu mereka-mereka yang mempunyai hati namun tidak digunakan untuk memahami ayat-ayat Allah, diberi mata tapi bukan untuk melihat tanda-tanda kebesaran-Nya, bahkan dianugrahi telinga namun tidak dimanfaatkan untuk mendegar ayat-ayat-Nya.

"...mereka itu seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yg lalai." (QS. Al a'raf :179).

untuk lebih memudahkan kita dalam memahami sesuatu, dalam ilmu bahasa arab dikenal istilah at-tasybih alias perumpamaan. Yang mana, sebuah permisalan harus lebih jelas dari yang dimisalkan. Di dalam ayat tersebut, Binatang ternak adalah perumpamaan yg sangat jelas dan mudah untuk dipahami, siapapun pasti tau bagaimana wujud binatang ternak. Punya hati, mata dan telinga namun bukan untuk memahami,melihat apalagi mendengar ayat-ayat Allah.

mari kita simak permisalan yg senada dengan itu,

Allah ta'ala berfirman:
"Dan perumpamaan (Orang yang menyeru) orang-orang kafir adalah seperti penggembala yang memanggil binatang yang tidak mendengar selain panggilan dan seruan saja. Mereka tuli, bisu dan buta, maka oleh sebab itu mereka tidak mengerti."(QS. Al-baqarah : 171).

Melalui ayat ini, kita pun tau dengan jelas, bagaimana gambaran orang-orang kafir dalam menyikapi seruan dakwah. Mereka bagaikan gembala yang tak mengerti dan tak mau tau seruan itu.

Pendekatan makna melalui permisalan sering kita jumpai didalam Al qur'an. Tugas kitalah untuk selalu mentadabburinya. Allah ta'ala berfirman:
"...dan perumpamaan-perumpamaan itu kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir"(QS. Al-Hasyar : 59).

Baca Juga



2 Comments:

editya said...

Wah mas ibnu keren bgt..Ditunggu yg postingan terbaru,tukeran link yuk mas

ibnu mengatakan...

@didiet : terima kasih atas kunjungan & komentnya, untuk sementara ini emang lagi sibuk2nya, moga aja semua berjalan lancar, biar postingnya jg lancar... he he

Posting Komentar

Terimah kasih atas kunjungan anda, Sahabat blogger jg dapat meninggalkan jejak di BUKU TAMU atau di shoutbox. wassalam

Subscribe

RSS Feed (xml)

Credits

Skin Design By:
Free Blogger Skins
Modif Design By:
Catalog Tutorial

Powered by Blogger

 

Search Engine Submission - AddMe