Kamis, 03 April 2008

Indahnya Istikharah


Apa ngk salah, istikharah dibilang indah? bukannya istikharah didasari dari keraguan-raguan, atau kebingungan dalam menentukan sebuah pilihan?. Kalau begitu dimana letak keindahannya tersebut???

Itulah Istikharah pertamaku.. Disaat Musafir harus memilih diantara dua, memilih A atau B. kulihat Neraca timbangan selalu seimbang diantara dua sisinya. (penglihatan apa timbangan yang salah?.. hayoo ngaku..). pusing deh dibuatnya.

Hidup memang penuh pilihan, Untuk itu.. ketika saya dan siapa saja yang bimbang seperti tadi, istikharah adalah solusi.

Walaupun shalat istikharah sebenarnya tidak sebatas memilih diantara dua, atau memutuskan Ya atau Tidak, bahkan ketika kita berencana melakukan sesuatu hal, hendaklah kita memulai dengan istikharah…

Dengan Memaknai dan meresapi kandungan do'a istikharah dengan seksama. Menurut hemat kami, akan sangat membantu dalam menjatuhkan pilihan, bahkan menambah kekuatan untuk memilih dan berani melangkah..

Berikut doa istikharah itu*:

"Ya Allah , sesungguhnya aku minta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu dan pengetahuan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugrah-Mu Yang Maha Agung, Sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui sedang aku tidak mengetahuinya, dan Engkau Maha Mengetahui hal yang gaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini ……………………(menyebutkan persoalannya) lebih baik bagiku pada agamaku, dan kehidupanku dan akibatnya terhadap diriku di dunia atau diakhirat, sukseskanlah untukku, mudahkanlah jalannya, kemudian berikanlah berkah.


Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih buruk bagiku dalam agama, kehidupan, dan akibatnya kepada diriku didunia atau di akhirat, maka singkirkanlah persoalan tersebut, dan jauhkanlah aku daripadanya, takdirkan kebaikan untukku dimana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku".


Maka Istikharah itu akan terasah indah, karena:

1.Hati akan tentram, nyaman dan legah ketika kita berhasil memilih dan membulatkan tekat

2.Kita akan merasa lebih enjoy dan tenang dalam beriktiar, karena segala sesuatu telah diserahkan sepenuhnya kepada Yang Maha Mengetahui.

Sejalan dengan Firman Allah :
" ...Bila kamu telah membulatkan tekat, maka bertawakkallah kepada Allah...." (QS Ali Imran : 159)

3.Kenyakinan kuat bahwa pilihan atau takdir Allah adalah yang terbaik untuk kita,

Allah Ta'ala Berfirman:
"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui." (QS Albaqarah 217)
Sehingga apapun yang terjadi kita siap menerimanya dengan lapang dada.

4.Mashi banyak lagi ... bantu cariin ya!! He he

* Hisnul Muslim

Baca Juga



1 Comment:

Anonim said...

ijin nge-link yah..
:)

Posting Komentar

Terimah kasih atas kunjungan anda, Sahabat blogger jg dapat meninggalkan jejak di BUKU TAMU atau di shoutbox. wassalam

Subscribe

RSS Feed (xml)

Credits

Skin Design By:
Free Blogger Skins
Modif Design By:
Catalog Tutorial

Powered by Blogger

 

Search Engine Submission - AddMe